Jumat, 29 Juni 2012

Cara Pendaftaran Jalur Umjm Uin Suska Riau



Skema Pendaftaran UMJM 2012
  1. Pendaftaran dilakukan secara online dengan membuka laman http://umjm.uin-suska.ac.id.
    Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan terlebih dahulu:
    • Kartu identitas yang dipakai ketika melakukan pembayaran;
    • Fotokopi ijazah/tanda lulus atau SKL;

  2. Peserta memasukkan Tahun Lulus, No Identitas (KTP / SIM / Kartu Pelajar ), Nama, Alamat dan No HP yang aktif.
    Setelah mengisikan form Pendaftaran I maka cetak tanda bukti daftar untuk dapat membayar uang pendaftaran.

  3. Peserta melakukan pembayaran uang pendaftaran ke Bank BNI Syariah 1 (satu) hari setelah pendaftaran I dan atau setelah menerima pesan dari SMS Gateway UIN Suska Riau.

  4. Setelah 1 (satu) hari setelah membayar dan atau setelah menerima pesan SMS Gateway UIN Suska Riau, Peserta dapat mengisi biodata pribadi, program studi yang dipilih, dan lokasi ujian secara lengkap pada laman http://umjm.uin-suska.ac.id. dengan kembali ke menu pendaftaran dengan memilih menu Pendaftaran II.

    Semua informasi yang diisikan dalam borang/formulir ini harus benar.
    Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang/formulir ini berakibat pembatalan penerimaan peserta. Kesalahan dalam pengisian borang/formulir dapat berakibat calon peserta harus membayar biaya pendaftaran lagi.

  5. Bila isian sudah lengkap, peserta menyimpan file kartu tanda peserta ujian dan mencetak sebanyak 1 lembar.
    Pada kartu tanda peserta ujian tercantum nomor pendaftaran, nama peserta, program studi yang dipilih, lokasi ujian, ruang ujian, dan jadwal ujian.

  6. Peserta menempelkan pasfoto ukuran 4x6 cm berwarna terngbaru di tempat yang disediakan pada kartu tanda peserta ujian dan daftar hadir peserta (DHP).

  7. Peserta memisahkan (memotong/menggunting) sesuai tanda pemisah.

  8. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta UMJM UIN Suska Riau Tahun 2012. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika mengikuti ujiaen.

  9. Peserta harus membawa identitas diri lain (KTP/SIM/Kartu Pelajar), ijazah atau SKL bagi Peserta Lulusan Paket C pada saat ujian tulis.

BACALAH SELURUH PERSYARATAN, TATA CARA PENDAFTARAN DAN TATA TERTIB PESERTA DENGAN SEKSAMA

Tata Tertib Peserta
  1. Sebelum Ujian
    1. Sehari sebelum ujian berlangsung harus sudah tahu tempat, ruang, dan waktu ujian.
    2. Sebelum berangkat ke tempat ujian, harus menyiapkan:
      1. pensil 2B yang sudah diraut secukupnya;
      2. karet penghapus pensil;
      3. peraut pensil; dan
      4. balpoin.
    3. Membawa kartu tanda peserta ujian.
    4. Harus sudah sampai di lokasi ujian 30 menit sebelum ujian dimulai.
    5. Duduk pada tempat duduk sesuai dengan nomor peserta.
    6. Letakkan kartu tanda peserta ujian di kursi dengan pasfoto menghadap ke atas.
    7. Masuk ke dalam ruang ujian tidak diperbolehkan membawa:
      1. buku, catatan, dan/atau kertas apapun;
      2. alat hitung, antara lain: kalkulator, mistar hitung, dan sebagainya; dan
      3. alat komunikasi elektronik antara lain: radio komunikasi, handy talkie, telepon genggam, alat bantu pendengaran, jam tangan digital, dan sebagainya.

  2. Selama Ujian Berlangsung
  3. Pada saat ujian berlangsung, harap diperhatikan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
    1. Peserta tidak diperkenankan menyentuh soal sebelum ada tanda ujian dimulai.
    2. Pengawas akan meminta peserta ujian untuk membubuhkan tanda tangan pada Daftar Hadir Peserta (DHP) dan LJU, dengan menggunakan balpoin.
    3. Sebelum ujian dimulai pengawas akan memberikan waktu kepada peserta ujian untuk mengisi Nomor Peserta, Nama Peserta dan Kode Soal Ujian pada LJU.
    4. Untuk mengisi identitas peserta pada LJU, baca dan perhatikan petunjuk pengisian LJU.
    5. Ujian dimulai secara serentak sesuai dengan jadwal waktu yang telah ditetapkan, peserta ujian dipersilahkan membuka naskah soal ujian. Sebelum mengerjakan soal ujian, periksalah semua halaman naskah soal ujian. Apabila ada halaman yang kurang, tidak terbaca atau kosong, maka peserta ujian melaporkan kepada pengawas untuk diganti dengan naskah soal ujian yang lengkap. Bacalah semua petunjuk ujian dengan tenang, teliti. dan seksama.
    6. Semua soal ujian adalah seperti yang tercetak dalam naskah. Tidak ada ralat atau penjelasan lain.
    7. Selama ujian berlangsung tidak diperbolehkan bertanya tentang soal kepada siapapun termasuk kepada pengawas ujian.
    8. Selama ujian berlangsung tidak diperkenankan meninggalkan ruang ujian sampai dengan ujian dinyatakan selesai oleh pengawas ujian.
    9. Untuk menyelesaikan soal-soal hitungan, peserta bisa menggunakan bagian yang kosong dari naskah soal ujian.
    10. Jika peserta ujian telah menyelesaikan semua soal ujian sebelum waktunya habis, peserta harus tetap duduk di tempatnya. Gunakan sisa waktu untuk memeriksa hasil pekerjaannya.
    11. Lima menit sebelum ujian berakhir, pengawas ujian akan memberikan peringatan. Periksalah sekali lagi, apakah semua petunjuk telah dilaksanakan dengan benar.

  4. Selesai Ujian
  5. Setelah ujian selesai, peserta harus berhenti mengerjakan soal ujian.
    Tetaplah duduk di tempat, sampai pengawas ujian selesai mengumpulkan semua lembar jawaban dan mempersilahkan peserta ujian untuk meninggalkan ruang ujian.

Arti Kode Nomor Ujian Peserta
  1. Digit Pertama dan Kedua : Tahun Pelaksanaan Ujian
  2. Digit Ketiga dan Keempat : Lokasi Gedung
  3. Digit Kelima dan Keenam : Nomor Ruangan
  4. Digit Ketujuh dan Kedelapan : Nomor Peserta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar